KINERJA GURU (Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kedisiplinan)

1891210_1615414588738892_2536759312458697173_nJudul Buku : KINERJA GURU (Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kedisiplinan) Penulis : Yublina A. Tahun ISBN : 978-602-0816-32-6 Cetakan   Pertama : Juni 2015 Tebal : 85 Halaman Penerbit : Kresna Bina Insan Prima Manusia sebagai individu dan sekaligus makhluk sosial mempunyai keinginan, harapan, kebutuhan, minat dan potensi diri. Manusia mempunyai kebutuhan yang beraneka ragam, baik jenis maupun tingkatannya. Makin luas pandangan dan wawasannya semakin banyak kebutuhannya, mereka akan cenderung mempunyai kebutuhan yang tak terhingga, selalu bertambah dari waktu ke waktu dan akan selalu berusaha dengan segala kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan tersebut. Guru sebagai individu juga memiliki harapan, kebutuhan minat dan potensi diri. Psikologi humanistic yang memandang guru atau pekerja dari nilai positif manusia berpendapat bahwa mereka dengan potensi dirinya membutuhkan aktualisasi diri yang seoptimal mungkin untuk mengembangkan dirinya, agar membawa dampak positif pada kehidupan diri sendiri serta lingkungan dimana mereka bergaul dan bertempat tinggal (Drucker, 1998). Guru yang merupakan aset yang terus dapat dikembangkan oleh sekolah, dapat menjadi sumber daya yang potensial untuk pengembangan dan peningkatan kinerja sekolah. Peranan guru sebagai sumber daya sekolah, hanya akan terwujud dengan baik jika didukung adanya situasi dan kondisi sekolah yang kondusif (Tampubolon, 2004). Buku ini juga mengungkapkan upaya untuk membangun sumber daya manusia dan memberi wawasan yang sangat luas, karena pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan baik pemikiran maupun pengalamannya. Pendidikan membutuhkan pengkajian filosofis karena kajian semacam ini akan melihat pendidikan dalam suatu realitas yang komprehensip. Kajian filosofis tentang pendidikan akan membantu memberikan informasi tentang hakikat manusia, yang secara horisontal berhubungan dengan sesama manusia dan jagat raya.  Kajian filosofis juga memberikan informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sumber pengetahuan karena hal ini sangat membantu dalam menentukan tujuan akhir pendidikan. Bahasa Yublina A. Tahun dalam bukunya yang berjudul “KINERJA GURU(Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kedisiplinan) “ menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga  mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat dipahami langsung oleh pembaca. Pada Buku ini juga memberikan saran bahwa perlu ada peningkatan kepemimpinan, lingkungan kerja dan kedisiplinan karena ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan secara simultan dan secara parsial  Judul Buku :
KINERJA GURU (Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kedisiplinan)
Penulis :
Yublina A. Tahun
ISBN : 978-602-0816-32-6
Cetakan Pertama : Juni 2015
Tebal : 85 Halaman
Penerbit : Kresna Bina Insan Prima

Manusia sebagai individu dan sekaligus makhluk sosial mempunyai keinginan, harapan, kebutuhan, minat dan potensi diri. Manusia mempunyai kebutuhan yang beraneka ragam, baik jenis maupun tingkatannya. Makin luas pandangan dan wawasannya semakin banyak kebutuhannya, mereka akan cenderung mempunyai kebutuhan yang tak terhingga, selalu bertambah dari waktu ke waktu dan akan selalu berusaha dengan segala kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan tersebut.

Guru sebagai individu juga memiliki harapan, kebutuhan minat dan potensi diri. Psikologi humanistic yang memandang guru atau pekerja dari nilai positif manusia berpendapat bahwa mereka dengan potensi dirinya membutuhkan aktualisasi diri yang seoptimal mungkin untuk mengembangkan dirinya, agar membawa dampak positif pada kehidupan diri sendiri serta lingkungan dimana mereka bergaul dan bertempat tinggal (Drucker, 1998).

Guru yang merupakan aset yang terus dapat dikembangkan oleh sekolah, dapat menjadi sumber daya yang potensial untuk pengembangan dan peningkatan kinerja sekolah. Peranan guru sebagai sumber daya sekolah, hanya akan terwujud dengan baik jika didukung adanya situasi dan kondisi sekolah yang kondusif (Tampubolon, 2004).

Buku ini juga mengungkapkan upaya untuk membangun sumber daya manusia dan memberi wawasan yang sangat luas, karena pendidikan menyangkut seluruh aspek kehidupan baik pemikiran maupun pengalamannya. Pendidikan membutuhkan pengkajian filosofis karena kajian semacam ini akan melihat pendidikan dalam suatu realitas yang komprehensip. Kajian filosofis tentang pendidikan akan membantu memberikan informasi tentang hakikat manusia, yang secara horisontal berhubungan dengan sesama manusia dan jagat raya. Kajian filosofis juga memberikan informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan sumber pengetahuan karena hal ini sangat membantu dalam menentukan tujuan akhir pendidikan.

Bahasa Yublina A. Tahun dalam bukunya yang berjudul “KINERJA GURU(Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kedisiplinan) “ menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat dipahami langsung oleh pembaca.

Pada Buku ini juga memberikan saran bahwa perlu ada peningkatan kepemimpinan, lingkungan kerja dan kedisiplinan karena ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan secara simultan dan secara parsial

Baca Juga

This entry was posted in Resensi Buku on by .

About Kresna Bina Insan Prima

LEMBAGA DIKLAT DAN PENELITIAN KRESNA BINA INSAN PRIMA Kresna Bip merupakan salah satu Penerbit di Surabaya dibawah naungan Lembaga Diklat dan Penelitian (LDP) Kresna Bina Insan Prima (KBIP). Kresna Bip mempublikasikan hasil penelitian tenaga pendidik (Guru dan Dosen) menjadi buku ber ISBN (4 angka kredit) dan artikel Jurnal ilmiah (2 angka kredit). LDP KBIP juga mengelola Jurnal Mitra Pendidikan (JMP) ISSN : 2407-8581. Terbit tiap 3 (tiga) bulan sekali dalam 1 (satu) tahun yaitu pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Disamping itu LDP KBIP juga mengelola Jurnal Mitra Guru (JMG), ISSN : 2443-2806. Terbit tiap 2 (dua) bulan sekali dalam 1 (satu) tahun yaitu pada bulan Pebruari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Pimpinan Umum : Dr. H. Hidayat, MM. Wakil Pimpinan Umum : Drs. Khamim Tohari Pimpinan Redaksi : Hanan Titis H, S. Sos. Redaktur Pelaksana : Khoirul, S. Sos. Redaktur : Muhammad Ainul Firdaus, ST. Staf Redaktur : Muhammad Sueb Junaidi, S. Kom. Bambang Sumantri, SE. Agustin Azizah Mahardika, A. Md. Drs. Khamim Tohari. Hanan Titis H, S. Sos. Khoirul, S. Sos. Muhammad Ainul Firdaus, ST. Sekretariat : Jl. Klakahrejo no. 77 Benowo Surabaya 60198 Telp./Fax : (+6231) 7421067 Hp : 085330834377;085748655577 Email : ldp_kbip@yahoo.co.id Facebook : Kresna Bip (http://facebook.com/kresnaBIP) Website : www.beritapendidikan.net Pin BBM : 57D89C6

2 Replies

2 thoughts on “KINERJA GURU (Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kedisiplinan)

    1. Kresna Bina Insan Prima

      Selamat Pagi.

      Buku-buku yang ada pada web Berita Pendidikan bisa digunakan sebagai referensi bagi penelitian Anda. Buku-buku tersebut bisa didapatkan dengan menghubungi kami di :

      HP/WA : 085330834377
      BBM : 5F0E2986

      Terima Kasih.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *