Gubernur Jatim Evaluasi Keberadaan SMK Mini

brt820333628Surabaya (beritajatim.com)-Gubernur Jatim Soekarwo akan mengevaluasi keberadaan SMK Mini di Jatim. Ini karena ada beberapa SMK Mini yang tidak memenuhi syarat, sehingga perlu ditarik lagi. ‬
‪”Dari 270 SMK Mini yang ada di Jatim, 30 SMK diantaranya tidak bisa memenuhi syarat sehingga akan ditarik provinsi,” ujar Pakde Karwo di gedung negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2016).
‪Menurut Pakde, kebanyakan SMK Mini yang tak memenuhi syarat itu karena tempat yang sedianya untuk peningkatan SDM, ternyata hanya untuk tambahan kualitas SMK yang sudah ada atau bukan di luar SMK. Artinya, keberadaan SMK Mini hanya untuk menambahi syarat SMK yang sudah ada.
Pemprov menyadari betul bahwa tidak semua SMK Mini yang didirikan berstandarisasi Jerman. Dari 100 persen, baru 60 persen yang berstandarisasi Jerman. Sedangkan 40 persen sisanya cenderung ke enterpreneurship.‬
‪”Program ini harus berkelanjutan, makanya kebijakannya akan diubah. SMK mini bukan hanya menciptakan tenaga kerja formal tapi juga menciptakan enterpreneurship. Kalau komposisinya 60:40 itu tak masalah atau tidak bias, sebab pendirian SMK mini memang diharapkan mampu menjadi embrio pelaku UMKM,” jelasnya.
Bahkan mantan Sekdaprov Jatim itu akan mendorong perbankan ikut masuk pembiayaan pelaku UMKM lulusan SMK mini. “Kalau lulusan SMK mini sudah bisa mengolah bahan baku menjadi barang produksi maka pemerintah akan membantu packaging dan permodalan perbankan sehingga mereka bisa menjadi enterpreneur UMKM beneran,” imbuhnya.
‪Diakui Pakde Karwo, keberadaan SMK mini mayoritas berada di daerah-daerah yang menjadi kantong kemiskinan, seperti Sampang, Pamekasan, Probolinggo, Bangkalan maupun Situbondo. Kebetulan kultur masyarakatnya religius sehingga di sana banyak dijumpai pondok pesantren.‬
‪”SMK mini kebanyakan gandeng dengan pondok pesantren. Karena pemerintah juga berkepentingan meningkatkan skill (ketrampilan) dari para santri agar pasca mondok mereka tidak kesulitan mencari pekerjaan,” pungkasnya.

sumber : beritajatim.com

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *