Jurnal Mitra Guru Volume II, Nomor 1, Februari 2016

COVER DEPAN JMG VOL 1 NO 1 Februari 2015

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN DITERAPKANNYA METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KUARO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Oleh :
Akhmad Supiani
SMP Negeri 1 Kuaro
Email :ahmadsupiani178@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya metode demonstrasi pada siswa Kelas VII SMPN 1 Kuaro tahun pelajaran 2014/2015, mengetahui pengaruh motivasi belajar Pendidikan Agama Islam setelah diterapkan metode demonstrasi pada siswa Kelas VII SMPN 1 Kuaro tahun pelajaran 2014/2015 dan menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa Kelas VII SMPN 1 Kuaro. tahun pelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kuaro dengan subjek penelitian adalah siswa kelas siswa Kelas VII SMPN 1 Kuaro tahun pelajaran 2014/2015. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode demonstrasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,85%), siklus II (78,00%), siklus III (87,80%). Metode demonstrasi dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan. Penerapan metode demonstrasi mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA
SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA
PADA MATERI POKOK LINGKARAN DI KELAS VIII-C
SMP NEGERI 1 KUARO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Oleh :
Rustam Simatupang
SMP Negeri 1 Kuaro
E-mail : rustam_simatupang67@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian yang berjudul ”Penggunaan Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Materi Pokok Lingkaran di Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kuaro Tahun Pelajaran 2014/2015” memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kuaro Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dengan metode tutor sebaya dan untuk mengetahui dampak metode Tutor Sebaya dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kuaro Tahun Pelajaran 2014/2015 semester genap pada materi keliling dan luas lingkaran.
Penelitian ini dilaksankan pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Kuaro Tahun Pelajaran 2014/2015 semester dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pemilihan kelas VIII-C ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan partisipasi pada pembelajaran matematika di kelas VIII-C.
Dari hasil penelitian didapati hasil yaitu keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran tinggi, karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan, yakni 100% Peserta didik terlibat aktif, frekuensi Peserta didik yang bertanya tinggi, karena melampaui kriteria yang ditetapkan, yakni 76%, sedangkan kriteria 75%, peserta didik yang mampu mengajukan pendapat sedang yaitu 72%, meskipun belum memenuhi kriteria 75%, tetapi dari segi kuantitas mengalami peningkatan, Peserta didik yang mampu menjawab pertanyaan tinggi, karena melampaui kriteria yang ditetapkan yakni 83%, sedangkan kriteria 80% dan Kinerja kelompok tinggi, karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu 100% sudah sesuai dengan criteria 100%.

MENINGKATKAN BELAJAR BAHASA INGGRIS TEKS RECOUNT MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOPERATIF MODEL NUMBER HEAD TOGETHER
PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 TANAH GROGOT

Oleh :
Suhartini
SMP Negeri 8 Tanah Grogot
Email : titin56@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan (1) Apakah menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together berpengaruh pada hasil belajar Teks Recount Bahasa Inggris siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tanah Grogot ? (2) Seberapa jauh penguasaan materi Teks Recount dalam pelajaran Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tanah Grogot ?
Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap hasil belajar Teks Recount pada Bahasa Inggris siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tanah Grogot serta dapat mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan Materi Teks Recount pada pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Tanah Grogot.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tanah Grogot yang berjumlah 27 orang dijadikan objek penelitian ini. Sedangkan guru dan supervisor pada penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dengan latar pendidikan/berijazah bahasa Inggris. Penelitian dilakukan di ruang kelas VIII SMP Negeri 8 Tanah Grogot Kabupaten Paser. Penelitian dilaksanakan pada saat pertemuan/tatap muka reguler selama 2 (dua) bulan yaitu Februari dan Maret 2014 semester 2 tahun pelajaran 2013-2014.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan model number head together pada siswa dapat meningkatkan kemampuan belajar dan dalam membentuk kerjasama yang baik dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Penguasaan siswa untuk berbicara dan dalam membentuk kerjasama yang baik dalam mata pelajaran bahasa Inggris termasuk kategori cukup baik.

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA
DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING
PADA SISWA KELAS VII SMPN 6 TANAH GROGOT
TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Oleh :
Abdurrahman Sidik
SMPN 6 Tanah Grogot
E-mail : abdurrahmansiddik05@gmail.com

ABSTRAK
Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep IPA.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing terhadap motivasi belajar siswa?
Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMPN 6 Tanah Grogot. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Oktober-Desember 2014. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (78,26%), siklus III (91,30%).Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SMPN 6 Tanah Grogot, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA SISTIM EKSKRESI MANUSIA
MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF JIGSAW KELAS IX B
SMP NEGERI 2 TANAH GROGOT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Oleh :
Farida Fatmawati Saragih
SMPN 2 Tanah Grogot
E-mail : farida.fatmawati@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Tanah Grogot, Jalan D.I. Panjaitan No. 15 Tanah Grogot. Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Waktu prasiklus dilaksanakan pada 10 Agustus 2015, dilakukan pada tanggal 11 Agustus 2015 sampai dengan 2 September 2015 dengan 2 siklus. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXB SMP N 2 Tanah Grogot yang berjumlah 37 dengan jumlah laki-laki 10 dan perempuan berjumlah 27 orang tahun pembelajaran 2015/2016.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IXB SMP N 2 Tanah Grogot Tahun Pembelajaran 2015-2016 pada Sistim Ekskresi pada manusia. Terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 nilai pretes dari rata-rata 40 menjadi rata-rata 80,54. Lalu pada pelaksanaan posttes siklus 1 diperoleh hasil rata-rata 80,54, hanya 4 orang siswa yang tidak mencapai nilai KKM, berarti ketuntasan mencapai 89,19%. Dari nilai pretes yang rata-rata nilai adalah 40,00, dengan ketuntasan 2,70% , setelah proses pembelajaran diperoleh rata-rata nilai pada posttes menjadi 80,54, berarti memperoleh kenaikan sebesar 2 kali lipat lebih dengan persentase ketuntasan kenaikannya mencapai 86,49%. Pada siklus 2 yang diawali juga dengan dilaksanakannya pretes, siswa memiliki rata-rata nilai klasikal 54,32 dengan hanya 2 orang yang mencapai KKM. Pada evaluasi akhir pembelajaran pertemuan 1 hanya 2 orang yang tidak tuntas ,35 orang nilai di atas KKM setara dengan 94,59%,dengan rata-rata nilai 81,62. Selanjutnya pada evaluasi akhir pembelajaran pertemuan 2 diperoleh data rata-rata niali 85,95 dan 100% tuntas. Terakhir nilai posttes adalah rata-rata 88,38 dan juga 100% tuntas.

ANALISIS PENGEMBANGAN KINERJA GURU
SMP NEGERI 4 RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Oleh :
Mailis
SMP Negeri 4 Rengat Kabupaten Indragiri Hulu
Email: smpn4rengat@yahoo.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan manajemen pengembangan SDM dalam rangka meningkatkan kinerja guru SMPN 4 Rengat Kabupaten Indragiri Hulu, mendiskripsikan kinerja guru serta menganalisis faktor-faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru SMP Negeri 4 Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-Oktober 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini total informan sebanyak 8 orang dan teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan terjadi secara bersamaan setelah masa pengumpulan data yaitu : reduksi data, penyajian data,menarik kesimpulan/verifikasi, dilakukan secara longgar, tetap terbuka, tetapi dirumuskan secara rinci dan mengakar dengan kokoh.
Hasil penelitian ini adalah pengembangan SDM dalam rangka meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 4 Rengat Indragiri Hulu melalui kegiatan-kegiatan KKG dan kegiatan lainnya yang dapat menunjang kinerja guru yang berkaitan dengan kemampuan menyusun RPP, penggunaan metode pembelajaran yang tepat, melakukan evaluasi belajar dengan baik dan komitmen dalam menjalankan tugas. Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Rengat Indragiri Hulu pada kategori baik. Namun komitmennya masih kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari kurangnya motivasi dan disiplin guru.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DAN AKTIVITAS BELAJAR
DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
PADA MATERI KEMAGNETAN BAGI SISWA KELAS IX F SEMESTER 1
SMP NEGERI 2 BATANGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oleh :
Arum Subekti
SMP Negeri 2 Batangan
Email : arumsubekti123@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada materi kemagnetan pada siswa kelas IX F Semester 1 SMP Negeri 2 Batangan tahun pelajaran 2015/2016 melalui pembelajaran model PBL (Problem Based Learning). Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX dengan sampel 1 kelas dari populasi siswa sebanyak 6 kelas. Hasil penelitian dari siklus I diperoleh rata-rata aktivitas siswa 81% dalam kategori baik, rata-rata nilai belajar 76,6 dengan ketuntasan belajar 81,25%. Pada siklus II diperoleh rata-rata aktivitas siswa 88% dengan kategori sangat baik, rata-rata hasil belajar 83,1 dengan ketuntasan belajar meningkat 96,86%. Berdasarkan hasil penelitian sebanyak dua siklus diperoleh simpulan bahwa pembelajaran model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar IPA siswa kelas IX F semester 1 SMP Negeri 2 Batangan tahun pelajaran 2015/2016 pada materi kemagnetan.

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA ( READING)
DENGAN METODE KOOPERATIF JIGSAW
PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 LONGKALI
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Oleh :
Endang Kartiningsih
SMP Negeri 1 Longkali
E-mail : astrimanies@yahoo.co.id

ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah apakah pembelajaran kooperatif model jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris serta seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Bahasa Inggris dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap hasil belajar Bahasa Inggris serta mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Inggris setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model jigsaw pada siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Longkali
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Longkali . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (56,00%), siklus II (72,00%), siklus III (88,05 %). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Longkali serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Inggris.

PENGARUH MEDIA KANCING GENETIKA TERHADAP HASIL
BELAJAR PEWARISAN SIFAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL
KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 2
PELAIHARI TAHUN AJARAN 2014-2015

Oleh:
Siti Norhamliah
SMP Negeri 2 Pelaihari
E-mail : siti.norhamliah@gamil.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar genetika dengan menggunakan media kancing genetika pada materi pewarisan sifat. Penelitian ini dilakukan tanggal 15 Januari sampai 29 Januari 2015. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX B SMPN 2 Pelaihari yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan yang pada umumnya mempunyai kemampuan sedang. Peserta didik sangat kurang memahami materi persilangan mono hibrid maupun dihibrid walaupun sudah dibekali dengan terminologi pewarisan sifat.
Hasil peneltian menunjukkan bahwa melalui media kancing genetika dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pewarisan sifat pada makhluk hidup. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata tes sebagai hasil belajar setiap siklus yang semakin meningkat, yaitu 48,6 pada siklus I, 49,7 pada siklus II, dan 80,6 pada siklus III. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD juga efektif berperan meningkatkan berpartisipasi aktif dan kerjasama antar siswa terutama dalam kelompoknya, hal ini tampak dari antusias siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
DAN PAMERAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL
BELAJAR SISWA KELAS VIIID SMPN 7 PELAIHARI
PADA MATERI AJAR SIFAT BAHAN DAN SISTEM PENCERNAAN

Oleh :
Yulia Purnama Rukmi
E-mail : yulia.purnama@yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan aktivitas pada sifat bahan dan sistem pencernaan melalui model Group Investigation dan Pameran siswa kelas VIIID SMPN 7 Pelaihari. 2) Meningkatkan hasil belajar pada sifat bahan dan sistem pencernaan melalui model Group Investigation dan Pameran siswa kelas VIIID SMPN 7 Pelaihari.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIIID SMPN 7 Pelaihari yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Juli sampai tanggal 6 Oktobert ahun 2015. Tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan materi sifat bahan dan sistem pencernaan. Data hasil penelitian berupa prosentasi aktivitas siswa menanya/menjawab, hasil uji kompetensi siswa dan hasil angket siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam menanya/menjawab pertanyaan hingga 95%, yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 77% siswa yang tuntas secara klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model Group Investigation dan Pameran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIID SMPN 7 Pelaihari.

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTRUKTIVIS UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX D
SMP 1 TEKUNG PADA MATERI POKOK STATISTIKA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Oleh :
Sri Hartati
SMP Negeri 1 Tekung Kabupaten Lumajang
E-mail : sri.hartati@gmail.com

ABSTRAK
Salah satu tujuan pembelajaran di sekolah adalah melatih cara berfikir dan bernalar dalam menarik kesimpulan. Agar tujuan pembelajaran tercapai, maka guru dengan segaladaya upaya memilih model pembelajaran yang tepat untuk materi pelajaran yang akan disampaikan. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model siklus belajar (learning cycle) yang diharapkan dapat menumbuh kembangkan kemampuan penalaran matematika siswa terutama pada materi pelajaran statistika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Tekung Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 1 Tekung semester1 tahun pelajaran 2013/2014, yang berjumlah 30 siswa. Guru pengajar yang melakukan penelitian dibantu seorang guru sebagai pengamat. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I adalah 50,00% siswa mendapat nilai lebih dari 75 berarti belum memenuhi target ketuntasan yang ingin dicapai yaitu 75% siswa mendapat nilai lebih dari 75. Nilai rata-rata sudah mencapai 71,67 ini menunjukkan ada beberapa siswa yang harus mendapat perhatian khusus. Sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai lebih dari 75 sebanyak 86,67% dengan rata-rata kelas 84,00 jadi telah mencapai indikator keberhasilan, dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa.
Dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan kontekstual yang dibangun melalui model siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IX D semester I SMP Negeri 1 Tekung tahun pelajaran 2013/2014 pada materi Statistika. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan guru matematika dapat meningkatkan peran aktif siswa dan kegiatan belajar, salah satunya dengan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle).

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN
MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS XII IPA
SMA NEGERI 1 RENGAT BARAT INDRAGIRI HULU

Oleh
Haslinda
SMA Negeri 1 Rengat Barat
Email : haslinda_rengat@yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini menghasilkan strategi belajar dengan kompetensi materi untuk membuktikan betapa pentingnya conversation dengan mengobservasi aktifitas siswa dalam interaktif antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa lainnya dalam bahasa inggris. Dengan interaktif dan aktifitas siswa berbicara dalam bahasa inggris dikelas maka kemampuan bahasa inggris siswa akan tercapai.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilakukan dengan tujuan focus pada kelas atau proses belajar mengajar yang terjadi di kelas, bukan pada input kelas (materi, silabus, dll) ataupun Output (Hasil belajar). Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang berlangsung bulan Februari-Maret 2015. Prosedur penelitian terbagi dalam 2 siklus.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa setelah diadakan latihan terus menerus dan saling berkomunikasi dengan topic yang diberikan oleh guru maka kemampuan siswa mengalami peningkatan. Dengan vocabulary yang digunakan dalam komunikasi maka siswa secara terlatih telah dapat membuat kalimat-kalimat sendiri sesuai dengan topik.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *