Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta Volume II, Nomor 1, Maret 2016

COVER DEPAN JIPE

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG
PERUBAHAN WUJUD BENDA DENGAN MENGGUNAKAN
METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV
SD NEGERI GRUJUGAN KIDUL 1 GRUJUGAN
KABUPATEN BONDOWOSO

Oleh :
Eny Sumartini
SD Negeri Grujugan Kidul 1
E-mail : enysumartini10@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Grujugan Kidul 1 setelah menggunakan Metode Eksperimen pada saat pembelajaran IPA tentang Perubahan Wujud Benda. Untuk mengetahui peningkatkan partisipasi aktif siswa kelas IV SDN Grujugan Kidul 1 setelah menggunakan Metode Eksperimen pada saat pembelajaran IPA tentang Perubahan Wujud Benda. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Grujugan Kidul 1 Bondowoso. Penentuan Penelitian Tindakan Kelas melalui metode Eksperimen adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 20 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dimulai pada semester I Tahun Pelajaran 2013–2014.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Grujugan Kidul 1 Bondowoso dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari gambar grafik peningkatan hasil belajar IPA dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan hasil belajar IPA pada pra siklus diperoleh rata – rata kelas 60,75 setelah dilaksanakan perbaikan pada siklus I diperoleh rata – rata kelas 65,1 kemudian dilanjutkan pada siklus II diperoleh rata- rata kelas 90.

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN
KONTEKSTUAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI REACT
DI KELAS IX C SMP NEGERI 1 TEKUNG LUMAJANG
TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015

Oleh:
Mohammad Mawahib
SMP Negeri 1 Tekung Lumajang
E-mail : mohmawahib58@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini ditetapkan di SMP Negeri 1 Tekung Lumajang. Peneliti bertugas di tempat ini, sehingga setting sekolah secara empiris sudah dikenali, baik karakteristik maupun permasalahan yang dihadapi. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan strategi RECT. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C yang berjumlah 30 siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan strategi REACT. untuk mengetahui aktivitas siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan strategi REACT. untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah diajarkan pembelelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan strategi REACT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan kontesktual dengan menggunakan strategi REACT berpengaruh positif terhadap pembelajaran matematika. Serta berpengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 90%

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS
MELALUI PENDEKATAN BERBASIS MASALAH
PADA SISWA KELAS V SDN 007 MUARA SAMU
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Oleh :
Muliadi
SD Negeri 007 Muara Samu
E-mail : adi.muliadidi@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat ketuntasan belajar Sains siswa kelas V SDN 007 Muara Samu, yakni hanya 40%. Berdasarkan hal tersebut peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat untuk mencari solusi permasalahan, sehingga diputuskan untuk melakukan penelitian tindakan dengan menerapkan pendekatan berbasis masalah. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Dari hasil observasi dan penilaian yang dilakukan di akhir tindakan diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Sains dengan diterapkannya pendekatan berbasis masalah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada guru dan kepala sekolah. Kepada guru disarankan (1) agar mencoba menerapkan Pendekatan berbasis masalah ini untuk meningkatkan presentasi Sains siswa (2) Menerapkan Pendekatan berbasis masalah pada KD yang lain atau mata pelajaran lain yang serumpun (3) lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan pengelolaan pembelajaran yang baik. Kepada kepala sekolah agar memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada guru untuk berkreasi terutama dalam menerapkan strategi ini dalam pembelajaran.

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI
MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA GAYA, GERAK DAN
ENERGI MELALUI PERCOBAAN MENGGUNAKAN MEDIA
PEMBELAJARAN VARIATIF PADA SISWA KELAS V
SDN GRUJUGAN KIDUL 1 GRUJUGAN BONDOWOSO

Oleh :
Rasianik Eka Pramistiyowati
SD Negeri Grujugan Kidul 1
E-mail : rasianikeka@yahoo.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA materi mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)dengan menggunakan media pembelajaran variatif pada siswa Kelas V SDN Grujugan Kidul 1 Kecamatan Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini bertempat di SDN Grujugan Kidul 1 Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas V yang berjumlah 41 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 22 perempuan. Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Grujugan Kidul 1 Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, dimulai pada pertengahan semester II Tahun Pembelajaran 2014/2015 yaitu tanggal 24 April 2014 sampai dengan 30 Juni 2014.
Berdasarkan hasil penelitan dan pembahasan dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Grujugan Kidul 1 Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar disetipa siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 65.97, pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 71.58, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 73.48.

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ADVACE ORGANIZER GUNA
MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MATERI HIMPUNAN PADA KELAS VII SMP NEGERI 2
TANAH GROGOT TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Oleh :
Supiyah
SMP Negeri 2 Tanah Grogot
E-mail : supiyah578@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Advace Organizer terhadap hasil belajar Matematika. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Matematika setelah diterapkannya Pembelajaran Advace Organizer Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62%,), siklus II (71%) dan siklus III (90%) Simpulan dari penelitian ini adalah metode Advace organizer dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VII , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Matematika

IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES,
KONVENSIONAL DAN MINAT BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII
SMP NEGERI JENGGAWAH JEMBER

Noviana Desiningrum
STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya
Email : novyachacute@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya, (1) perbedaan hasil belajar Biologi antara kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada kelompok siswa yang berminat tinggi dan berminat rendah, (2) perbedaan hasil belajar Biologi antara kelompok siswa yang diberi perlakuan dengan pendekatan konvensional pada kelompok siswa yang berminat tinggi dan berminat rendah, (3) interaksi antara metode pendekatan keterampilan proses dan minat belajar terhadap hasil belajar Biologi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik purposive random sampling. Hasil belajar berdasarkan nilai rata-rata, (1) siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional mempunyai nilai rata-rata sebesar 58,88 pada siswa yang mempunyai minat belajar rendah dan 82,20 pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, (2) siswa yang diajar dengan pendekatan keterampilan proses mempunyai nilai rata-rata sebesar 76,20 pada siswa yang mempunyai minat belajar rendah dan 83,75 pada siswa yang mempunyai minat belajar tinggi.

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP
DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
MATERI KELANGSUNGAN HIDUP MAKHLUK HIDUP
SISWA KELAS IX-B SMP NEGERI 4 TANAH GROGOT SEMESTER
GENAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Oleh :
Sukarmi
SMP Negeri 4 Tanah Grogot
E-mail : sukarmi1971@gmail.com

ABTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Co-op Co-op dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Tanah Grogot Semester Genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi tindakan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa IX-B SM Negeri 4 Tanah Grogot Kabupaten Paser tahun pelajaran 2014-2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes evaluasi siswa dan hasil observasi aktivitas siswa saat pembelajaran berlangsung.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 73,08 dengan ketuntasan klasikal 73,08% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa secara individu mencapai 79,62 dengan ketuntasan klasikal 88,46%. Hal ini berarti pada siklus II ini kriteria ketuntasan yang ditetapkan telah tercapai. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Co-op Co-op sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Tanah Grogot. pada mata pelajaran IPA materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup.

PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR
TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN METODE DEMONSTRASI
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI RIAM PINANG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Oleh :
Sugianto
SD Negeri Riam Pinang
E-mail : sugianto8@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Riam Pinang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Riam Pinang yang berjumlah 7 siswa. 6 perempuan dan 1 laki-laki. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan belajar tentang sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Riam Pinang dengan penerapan metode demonstrasi dan untuk mengetahui peningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran tentang sifat-sifat cahaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan belajar sifat-sifat cahaya mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri Riam Pinang. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase siswa yang tuntas KKM (Nilai 6,5) yaitu dari keadaan awal yang hanya 14.29% menjadi 57.14% pada siklus I. Setelah dilakukan tindak lanjut ke siklus II, prestasi belajar siswa meningkat lagi menjadi 85.71% (siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 anak). Dari peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dikatakn bahwa kemampuan belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya meningkat.

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI
BERBASIS INKUIRI MATERI SISTEM EKSRESI MANUSIA
UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS
DAN KERJASAMA SISWA SMA NEGERI 1 BATU ENGAU

Oleh :
Sri Istinafiatin Fadilah
SMA Negeri 1 Batu Engau
E-mail : istivateh.sri@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis inkuiri pada pokok bahasan sistem ekskresi, mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pendekatan berbasis inkuiri pada pokok bahasan sistem eksresi manusia, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri pada pokok bahasan sistem ekskresi manusia, mendeskripsikan hasil belajar siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan berpikir kritis dan kerjasama setelah melakukan pembelajaran yang dikembangkan berbasis inkuiri pada pokok bahasan sistem ekskresi manusia, mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis inkuiri pada pokok bahasan sistem ekskresi, mendeskripsikan hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi selama melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri yang dikembangkan pada pokok bahasan sistem ekskresi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Batu Engau, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa 26 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan indikator ketercapaian kompetensi 88,8%, dan ketuntatasan indikator berpikir kritis 94,6%. Respon siswa dalam pembelajaran ini berkategori baik. Respon minat siswa terhadap pembelajaran ini memperoleh tergolong baik, yang ditunjukkan nilai perhatian (Attention) = 4,48 , relevansi (Relevance) = 4,44, keyakinan (Confidence) = 4,22 dan kepuasaan (Satisfacation) = 4.46 yang baik. Persentase respon untuk proses pembelajaran 80,77%, materi ajar 84,62%, dan LKS 82,05%. Kemampuan kerjasama siswa yang menonjol menghargai pendapat anggota kerjasama yang sangat menonjol secara berurutan adalah menghargai pendapat anggota kelompok (87,3%).

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX A MELALUI
STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN KARTU KWARTET
MATERI TATA SURYA MATA PELAJARAN FISIKA
SMPN 1 TEKUNG

Oleh:
Basa Zaenal Arifin
SMPN 1 Tekung Lumajang
Email : fayakuunta@gmail.com

ABSTRAK
Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa.Tujuan pokok penelitian tindakan kelas ini mendeskripsikan strategi pembelajaran Permaianan Kartu Kwartet dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak duasiklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMPN 1 Tekung Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Hasil tes formatif ini sebagi pengukur keberhasilan pembelajaran. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswamengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar di atas KKM. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa pembelajaran apat meningkatkan hasil belajar siswa.

UPAYA MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR MATEMATIKA
PADA KD MELAKUKAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
TIGA ANGKA DENGAN STRATEGI PEMODELAN
DI KELAS III SDN 012 BATU SOPANG

Oleh :
Salasiah
SD Negeri 012 Batu Sopang
E-mail : salasiah.sala13@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini dilandasi oleh masih rendahnya tingkat ketuntasan belajar Matematika siswa kelas III SDN 012 Batu Sopang. Hal itu ditandai oleh (1)siswa masih kesulitan ketika menggunakan rumus-rumus matematika yang ada, (2) siswa bersifat pasif ketika dalam pembelajaran, (3) siswa kurang bergairah dalam pembelajaran, (4) siswa merasa bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit, dan(5) rdata-rata nilai siswa ketika diberi soal-soal tes masih rendah, hanya kurang lebih 30% siswa yang mencapai ketuntasan.Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yakni dengan menerapkan strategi pemodelan. Dari dua siklus tindakan yang dilakukan terdapat peningkatan ketuntasan belajar Matematika siswa, baik secara klasikal maupun secara individual. Dari hasil penelitian ini disarankan beberapa hal, yakni kepada guru agar mencoba menerapkan strategi pemodelan agar hasil belaja Matematika semakin meningkat, menerapkan strategi pembelajaran ini pada KD yang lain atau mata pelajaran lain yang serumpun, lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan pengelolaan pembelajaran yang baik, kepada kepala sekolah agar memberikan peluang yang seluas-luasnya kepada guru untuk berkreasi terutama dalam menerapkan strategi ini dalam pembelajaran..

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *