Masa Transisi SMA-SMK, Banyak Kepala Sekolah Pensiun

brt357253146Surabaya (beritajatim.com) – Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Jawa Timur, Saiful Rachman mengatakan, banyak kepala sekolah yang pensiun saat transisi peralihan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi. Sementara penggantinya bisa diisi oleh pelaksana tugas (plt). Mekanisme pengusulannya bisa direkomendasikan dari dinas setempat.
“Pelayanan pendidikan agar tetap berjalan normal saat transisi. Bagi daerah masih kami beri kesempatan mengusulkan plt nya,” kata Saiful Rachman, Kamis (17/11/2016).
Bukan hanya kepala sekolah, lanjut dia, guru di beberapa daerah juga bakal pensiun. Namun, posisinya dapat digantikan dengan mengoptimalkan guru yang saat ini masih kategori 2 atau K-2.
“Pengukuhan kepala sekolah definitif ini masih akan dilakukan pada Desember mendatang, bersamaan dengan pengisian kepala cabang Dindik Jatim dan pejabat-pejabat lainnya,” lanjut Saiful.
Mantan Kepala Badiklat Jatim ini menjelaskan, pada tahun ini jumlah guru pensiun sebanyak 5.106 orang. Sedangkan, pada 2017 mendatang gelombang pensiun guru sebanyak 5.888 orang, tahun 2018 sebanyak 7.600 orang dan 2019 ada 9.348 orang.
“Proyeksi guru pensiun paling besar akan dialami 11 kabupaten/kota di Jatim. Di antaranya adalah Surabaya, Kabupaten Malang, Jember, Sidoarjo, Banyuwangi, Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, Lamongan, Ponorogo, Bojonegoro dan Nganjuk,” papar Saiful.
Saiful menuturkan, jabatan plt kepala sekolah lebih baik diisi dengan kepala SMA/SMK terdekat. Ke depan, bila ada kepala sekolah pensiun, semua guru yang memenuhi kriteria dapat mengikuti seleksi. “Nanti karirnya guru tidak terpaku pada satu kabupaten/kota, bisa lintas daerah,” ujar mantan Kepala SMAN 4 Malang ini.
Di Surabaya sendiri, beberapa kepala SMA/SMK telah memasuki usia pensiun. Di antaranya Kepala SMAN 4 Surabaya Nur Hasan dan Kepala SMAN 18 Surabaya Suwandi. Sedangkan bulan depan, Kepala SMAN 2 Kasnoko bakal pensiun.
Kabid Pendidikan Menengah dan Kejuruan (Dikmenjur) Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya, Sudarminto mengungkapkan, posisi kepala sekolah itu telah diisi plt. Sayangnya dia enggan merinci siapa saja penggantinya. “Sudah diisi pemerintah kota,” ungkapnya singkat.

Sumber :beritajatim.com

Baca Juga