Jurnal Mitra Pendidikan Volume III, Nomor 3, Juli 2016

PENGARUH FAKTOR KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU

Oleh
Hajar
SD Negeri Gempol Sari
Email : hajar001@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Unit analisis dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri Gempol Sari yang terdiri dari 50 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS 17.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Gempol Sari sudah baik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah secara simultan mempunyai pengartuh signifikan terhadap kinerja guru, hal ini ditunjukkan oleh nilai uji F yang memiliki tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Demikian halnya dengan uji secara parsial diketahui bahwa kepemimpinan kepala sekolah sevcara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadpa kinerja guru.


IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION
GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN BESARAN DAN SATUAN DALAM PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 2 PPU

Oleh
Ali Roba
SMA Negeri 2 PPU
Email : ali_roba@yahoo.co.id

ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah Metode Pembelajaran Direct Instruction berpengaruh terhadap Ilmu Pengetahuan Alam? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran Direct Instruction terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa?. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Metode Pembelajaran Direct Instruction terhadap Ilmu Pengetahuan Alam. (b) Untuk mengungkap Metode Pembelajaran Direct Instruction terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (66%,), siklus II (93%),
Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode Direct Instruction dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas X, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.


IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XII IPA SMA NEGERI 1 PASIR BELENGKONG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oleh
Hamdan Ch. Saptoko
SMA Negeri 1 Pasir Belengkong
Email : hamdan_chsaptoko@yahoo.co.id

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Metode Accelerated Learning terhadap hasil belajar Biologi . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Biologi setelah diterapkannya Pembelajaran Metode Accelerated Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action search) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68%,), siklus II (82%), siklus III (91%).Simpulan dari penelitian ini adalah metode Metode Accelerated Learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Pasir Belengkong, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Biologi.


PENERAPAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN INTEGRAL PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XII MIPA DI SMA NEGERI 1

Oleh
Jamaludin
SMA Negeri 1 Penajam Paser Utara
Email: jamaludin17@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran model permainan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran matematika dengan diterapkannya metode Pembelajaran model Missouri Mathematics Project. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran model permainan terhadap hasil belajar matematika. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran matematika setelah diterapkannya Pembelajaran model Missouri Mathematics Project.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XII Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (61%), siklus II (81%), siklus III (91%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Missouri Mathematics Project dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative matematika.


Dimensi Budaya Organisasi Dalam Kaitannya Terhadap Kinerja

Oleh
Muslikin
Guru SMK Negeri Nganjuk
Email : mu_slikin@yahoo.co.id

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri se Kabupaten Nganjuk. Unit analisis dalam penelietian ini adalah guru di SMK Negeri. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para responden, data diukur menggunakan skala likert 1-5 dimana angka 1 menunjukkan kondisi yang sangat tidak baik sedangkan angka 5 menunjukkan kondisi yang sangat baik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri se Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 185 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan stratified proporsional random sampling setelah sekolah di kelompokkan berdasarkan strata, kemudian di sampel secara proporsional random, sehingga diperoleh sampel sebanyak 85 orang.
Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik regresi dengan alat bantu SPSS. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS diperoleh nilai F hitung adalah sebesar 85.122 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 yang berarti bahwa secara simultan dimensi budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMK Negeri se Kabupaten Nganjuk. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh secara parsial dari dimensi budaya organisasi digunakan analisis uji t. Berdasarkan hasil analisis uji t diketahui bahwa nilai t hitung untuk masing-masing dimensi mempunyai signifikansi kurang dari 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa dimensi budaya organisasi secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja.


UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SHOOTING SEPAKBOLA DENGAN MENINGKATKAN KONTRIBUSI EXPLOSIVE POWER
OTOT TUNGKAI DAN FLEXIBILITY PINGGANG

Oleh
Maria Timor
SMA Negeri 1 Paser Belengkong
Email : mariatimor15@gmail.com

ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagimanakah meningkatkan prestasi penguasaan dasar-dasar sepak bola bagi siswa dalam diterapkannya metode demontrasi? (b) Bagaimana pengaruh metode Meningkatkan performa terhadap motivasi belajar siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar dasar-dasar sepak bola pada siswa setelah diterapkannya metode Meningkatkan performa, (b) mengetahui motivasi belajar dasar-dasar sepak bola setelah diterapkannya metode Meningkatkan performa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu:rancangan, kegiatan dan pengamatan. Refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas X 4 SMA Negeri 1 Paser Belengkong dari data diperoleh berupa hasil tes praktik, lembar observasi kegiatan beolajar mengajar
Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatakan dari siklus I sampai II yaitu, siklus I (68%), siklus II (81%) dan siklus III (91%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode Meningkatkan performa dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa X 4 SMA Negeri 1 Paser Belengkong serta model pembejalaran dapat digunakan sebagai salah satu alternative penjas.


ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA
TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 1 PASIR BELENGKONG

Oleh
Suratman
SMA Negeri 1 Pasir Belengkong
Email: suratman88@gmail.com

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel-variabel motivasi dan disiplin kerja secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Pasir Belengkong serta variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Pasir Belengkong. Penelitian dilakukan dengan cara kuesioner terhadap 23 responden dan data hasil tanggapan dari responden diolah menggunakan program SPSS 17.0 dan dianalisis dengan regresi linier berganda (Multiple Linier Regression).
Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa : variabel motivasi dan disiplin kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Pasir Belengkong dengan nilai F hitung lebih besar dari pada Ftabel. Variabel motivasi dan disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Pasir Belengkong. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t Hitung yang lebih besar dari t tabel untuk masing-masing variabel. Variabel motivasi berpengaruh dominan terhadap kinerja guru SMAN 1 Pasir Belengkong Kabupaten Paser.


UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA PADA PELAJARAN IPS MELALUI METODE CERAMAH BERVARIASI DAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS II SDN KEMANTREN II TULANGAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Oleh
Mashokhah
SD Negeri Kemantren II
Email : mashokhah

ABSTRAK
Peserta didik tidak hanya cukup berpengetahuan dan berkemampuan tinggi, melainkan harus pula memiliki kesadaran yang tinggi serta tanggung jawab yang kuat terhadap kesejahteraan masyarakat, bangsa dan Negara. Dalam hal ini peneliti menjadikan gambar sebagai media, sebagai alat komunikasi yang menyalurkan pesan (informasi) dari guru kesiswa. Gambar dapat memberikan ilustrasi visual yang menarik pada anak didik. Gambar dapat menjelaskan apa yang tidak dapat dijelaskan secara verbal. Subyek penelitian seluruh siswa kelas II SDN Kemantren II Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap meliputi : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data tidak langsung berupa tes kemampuan. Sumber data diperoleh dari data kepustakaan dan hasil penelitian.
Penggunaan metode ceramah bervariasi dan media gambar yang sesuai dengan karakteristik siswa, ternyata dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kedudukan dan peran anggota dalam keluarga. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I menunjukkan rata-rata 57,62 sedangkan pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 81,90.


PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING MELALUI MEDIA PIAS-PIAS KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I SDN GELANG I
KEC. TULANGAN KAB. SIDOARJO

Oleh
Minti Astutik
SD Negeri Gelang 1
Email : mintiastutik12@gmail,com

ABSTRAK
Fokus utama tujuan pengajaran Bahasa Indonesia meliputi empat aspek ketrampilan berbahasa yaitu ketrampilan menyimak, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca dan menulis. Kemampuan membaca nyaring siswa SD Negeri Gelang 1 belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yanga di tetapkan yaitu sebesar 74 dan indicator keberhasilan 75 % jumlah siswa mencapai KKM. Pengaruh penggunaan media pada proses pembelajaran memberikan dorongan pada guru dalam menyampaikan pembelajaran membaca nyaring.Berkenaan dengan itu yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran membaca nyaring adalah penggunaan media pias-pias kata. Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut “Apakah penggunaan media pias-pias kata dapat meningkatkan membaca nyaring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa SDN Gelang I Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo?”. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri Gelang I Kelas 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 16 anak terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pias-pias kata dapat meningkatkan membaca nyaring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa SDN Gelang I Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan prosentase siswa tuntas belajar pada kondisi awal 6,25% menjadi 37,5% pada siklus I,dan menjadi 87,5% pada siklus II . Dalam pelaksanaan pembelajaran terutama dalam membaca nyaring sebaiknya kita menggunakan Media pias-pias kata karena dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca Nyaring pada siswa kelas I SDN Gelang I Kec. Tulangan Kab. Sidoarjo.


PENERAPAN METODE DRILL DAN RESITASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LIMIT FUNGSI PADA SISWA KELAS XI IPA1

Oleh
Waluyo Abu Saputro
SMA Negeri 1 Kuaro
Email : waluyoas123@gmail.com

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah : Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode Drill dan Resitasi. Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode metode Drill dan Resitasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65%), siklus II (75%), siklus III (95%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode Drill dan Resitasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas XI IPA1 SMAN 1 Kuaro Tahun Pelajaran 2015/2016 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.


PENGARUH METODE BELAJAR JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN KERJASAMA KELOMPOK PADA SISWA SMA NEGERI 1 CERME GRESIK

Oleh:
Agustina Maharani
SMA Negeri 1 Cerme
E-mail : agustin.maharani@gmail.com

ABSTRAK
Metode pembelajaran kooperatif berdampak bukan saja pada ranah akademik, tapi juga pada keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok. Penelitian ini bertujuan menguji dampak salah satu metode pembelajaran kooperatif, yaitu metode jigsaw, terhadap keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok pada siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Cerme Gresik.
Metode penelitian yang dipilih adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan one group pre and posttest design. Sebanyak 40 siswa yang merupakan siwa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Cerme Gresik menjadi responden penelitian. Perangkat skor keterampilan hubungan interpersonal dan kerja sama kelompok yang diperoleh responden sebelum dan setelah pembelajaran dibandingkan, dan diuji perbedaannya dengan paired samples t test. Hasilnya menunjukkan, dengan membandingkan skor pretes dan postes variabel keterampilan hubungan interpersonal, diperoleh nilai t sebesar -1,748 dengan p = 0,043 (p<0,05). Ini berarti bahwa metode pembelajaran Jigsaw secara signifikan mampu meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa. Hasil analisis terhadap variabel kerjasama kelompok dengan membandingkan skor pretes dan postes, diperoleh nilai t sebesar -3,50 dengan p = 0,001 (p<0,01). Ini berati bahwa metode pembelajaran Jigsaw secara sangat signifikan mampu meningkatkan keterampilan kerjasama kelompok siswa.


PENGARUH MOTIVASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU DI SMP NEGERI 1 SOE

Oleh
Alexander J Tari
SMP Negeri 1 Soe
Email : alexander_JT@yahoo.co.id

ABSTRAK
Jenis Penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru di SMP Negeri 1 SoE yang berjumlah 45 orang dan pada sampel penelitian ini berjumlah 44 orang. Data penelitian ini menggunakan data primer. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden dan sudah ditentukan karakteristiknya yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode : Kuesioner, Studi dokumentasi, Observasi dan Wawancara, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan bertanya secara langsung kepada responden.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada variabel Motivasi dan kepemimpinan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 SoE. Sedangkan secara parsial kepemimpinan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri 1 SoE. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung yang mempunyai signifikansi kurang dari 0,05. Sedangkan motivasi secara parsial mempunyai pengaruh tidak signifkkan terhadap kinerja guru, hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung yang mempunyai signifikansi lebih dari 0,05.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *