Tradisi Tahun Ajaran Baru : Berebut Bangku Sekolah Sejak Pagi Buta

Hari pertama sekolah di Brebes (Liputan6.com / Fajar Eko Nugroho)

Brebes – Hari pertama masuk sekolah menjadi momentum paling berharga bagi siswa maupun orangtuanya. Mulai dari menyiapkan semua perlengkapan sekolah hingga strategi mencari posisi tempat duduk di kelas agar bisa nyaman dan mudah menerima mata pelajaran selama proses belajar mengajar.

Jesika, siswi kelas IV SD Negeri 10 Brebes contohnya. Dari pagi-pagi buta sudah berangkat ke sekolah yang berjarak 1 kilometer dari rumahnya. Saat itu, matahari belum terlihat dan adzan Subuh belum terdengar. Pukul 04.00 WIB pagi, Jesika telah tiba di sekolahnya.

“Sengaja datang ke sekolah pagi-pagi karena memang ingin dapat bangku di depan,” ucap Jesika.

Beberapa orangtua meletakkan tas sekolah anak-anaknya di meja agar saat masuk kelas tidak ditempati oleh anak lain. Bahkan, sampai ada orangtua yang memberikan nama anak-anaknya di meja kelas dengan spidol.

Pemandangan itu juga terlihat di beberapa SD di Kecamatan Brebes dan Kecamatan Bumiayu.

“Ya, biar dapat bangku paling depan buat anak saya. Makanya datang habis Subuh seperti ini,” ucap Ibti (42) salah satu orang tua siswa SD Negeri Dukuhturi Bumiayu.

Para orangtua berharap dengan anaknya mendapatkan bangku paling depan, mereka dapat menerima pelajaran dengan jelas dan menjadi pintar. Setelah mendapatkan tempat duduk, para siswa dan orangtua kembali pulang untuk mandi, makan, dan bersiap dengan seragam sekolah.

Baru sekitar pukul 06.30 WIB pagi, anak-anak kembali ke sekolah dan langsung menempati bangku yang sudah ditandai tadi.

Dari informasi yang diterima Liputan6.com, sudah menjadi tradisi setiap tahun ajaran baru sejumlah siswa dan beberapa orangtua datang lebih pagi. Tak hanya siswa baru yang melakukan tradisi ini, hampir seluruh siswa dari kelas 2 hingga kelas 6 juga ikut berangkat pagi karena siswa cukup antusias di hari pertama masuk sekolah.

Sumber : Liputan6.com

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *