Tentang

I. Sejarah Singkat LDP – KBIP

Lembaga Diklat dan Penelitian (LDP) Kresna Bina Insan Prima (KBIP) lahir sebagai jawaban atas tuntutan individu dan organisasi yang bertujuan meningkatkan kinerja. Hal tersebut didasari banyaknya tenaga kerja pada berbagai bidang yang belum berperilaku profesional. Oleh karena itu LDP KBIP memiliki tujuan pengembangan individu dan organisasi yang berbasis manajemen dengan perencanaan yang berkesinambungan, terstruktur dan strategis. LDP KBIP melakukan kegiatan dalam bidang pendidikan, pelatihan dan penelitian bidang organisasi dan sumber daya manusia.

LDP KBIP secara resmi didirikan pada tanggal 19 Oktober 2011 dengan akta notaries Ribka Avie Alreta, SH.M.Kn. nomor 41 tahun 2011. Lembaga ini berdiri asal mulanya membantu para pimpinan memperbaiki tata kelola organisasi, khususnya lembaga pendidikan dalam kaitan mutu yang tercermin dalam kegiatan akreditasi kelembagaan (sekolah dan perguruan tinggi).
Awal pengelolaan tahun 2012, mempersiapkan model peningkatan kinerja tenaga pendidik melalui kelembagaan. Hal tersebut seiring dengan mulai dilakukan sosialisai pengembangan profesi sebagai bentuk implementasi Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Mulai tahun 2013, LDP-KBIP banyak memfasilitasi guru dalam memperoleh sertifikasi profesi. Kegiatan selanjutnya melakukan pendampingan guru secara individu dalam melakukan penelitian-penelitian baik Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) maupun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta penulisan Artikel Ilmiah. Selanjutnya LDP KBIP berusaha memfasilitasi bahkan mendampingi para mitra baik secara organisasi maupun individu untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga dapat memperoleh solusi yang ditemukan dari hasil-hasil penelitian. Pada bulan September tahun 2014 LDP KBIP mendirikan penerbit dengan nama Kresna Bina Insan Prima, kegiatan utamanya mempublikasikan hasil penelitian para tenaga pendidik. Tahun pertama penerbit KBIP telah mempublikasikan sebanyak 15 (lima belas) hasil penelitian menjadi buku ber ISBN. Disamping itu pada bulan Oktober 2014 menerbitkan Jurnal Mitra Pendidikan (JMP) dengan ISSN : 2407-8581. JMP terbit 3 bulanan yaitu setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

Kegiatan LDP-KBIP pada tahun 2015 fokus peningkatan kinerja tenaga pendidik (guru dan dosen). Target utamanya para guru bisa menghasilkan penelitian yang memenuhi syarat APIK (Asli, Perlu, Ilmiah, Konsisten) dengan topik yang sesuai dengan kebutuhannya organisasinya dapat digunakan sebagai rujukan dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian ketika hasil penelitian tersebut dipublikasikan dapat diperuntukan untuk kenaikan pangkat atau jabatan fungsional. Guna memfasilitasi kebutuhan para Guru dan Dosen untuk publikasi ilmiah pada tahun 2015 LDP KBIP menerbitkan Jurnal Mitra Guru (JMG) dengan ISSN : 2443-2806 Jurnal Mitra Pendidikan (JMP) dengan ISSN : 2407-8581, Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta (JIPE) dengan ISSN : 2460-9366, Jurnal Ilmiah Pendidikan Humaniora (JIPH) dengan ISSN : 2460-9358, dan Jurnal Manajemen Teknologi Pendidikan (JMTP) dengan ISSN : 2477-1724.

Pada tahun 2016 LDP-KBIP memiliki komitmen untuk meningkatkan layanan. Hal tersebut dilakukan dengan cara neningkatkan kualitas SDM yang dimiliki dan memperbaiki tata kelola. Disamping itu juga meningkatkan kualitas artikel-artikel yang dimuat pada jurnal yang dikelolanya dengan membuat reviewer yang berpengalaman sesuai bidang ilmunya. Disamping memiliki website www.beritapendidikan.net untuk mengupload terbitan kresna BIP baik resensi buku, abstrak artikel jurnal maupun informasi lainnya tentang LDP-KBIP. Bicara tenaga pendidik profesional, maka logika yang mengalir dengan sendirinya adalah kesejahteraan. Hal tersebut diperoleh tenaga pendidik karena mereka dapat menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya. Jika hal berikut sesuai dengan rule of the game, maka pendidikan kita akan maju.

Disamping itu KBIP mengetahui strategi yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang disesuaikan dengan kemampuan dan tugas para mitranya untuk meningkatkan kinerja baik secara organisasi maupun individu. LDP KBIP terus berbenah dalam meningkatkan kualitas layanan, sehingga memiliki komitmen memfasilitasi para tenaga pendidik untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah baik melalui jurnal ilmiah maupun menjadi buku ber ISBN.

II. Produk – Produk Layanan

1. Publikasi Artikel Jurnal
Jurnal yang dikelola LDP – KBIP saat ini :
No. Jurnal ISSN Edisi Terbit
1. JMP (Jurnal Mitra Pendidikan) 2407-8581 Januari, April, Juli dan Oktober
2. JMG (Jurnal Mitra Guru) 2443-2806 Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember
3. JIPE (Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta) 2460-9366 Maret, Juni, September dan Desember
4. JIPH (Jurnal Ilmiah Pendidikan Humaniora) 2460-9358 Januari, Maret, Mei, Juli, September dan November
5. JMTP (Jurnal Manajemen Teknologi Pendidikan) 2477-1724 Februari, April, Juni,Agustus, Oktober dan Desember

2. Publikasi Buku ISBN
Penerbit yang dikelola LDP – KBIP adalah : Kresna Bina Insan Prima (Kresna BIP) sejak operasional September 2014, Penerbit Kresna BIP telah menerbitkan Buku ber ISBN lebih dari 100 judul. Buku – buku tersebut sebagian besar hasil penelitian digunakan para guru untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat karena memiliki nilai 4 angka kredit.

3. Pelatihan / Workshop
Pelatihan bidang Sumber Daya Manusia meliputi peningkatan kinerja individu maupun organisasi pada bidang pendidikan. Pelatihan yang sering dilakukan dalam hal Penelitian Tindakan Kelas/Sekolah dan Penulisan Artikel untuk Publikasi Ilmiah.

4. Bimbingan Penelitian (PTK/PTS)
Bimbingan penelitian bersifat individu, secara teknis bisa dilaksanakan secara individu maupun kolektif. Bimbingan tersebut meliputi penyusunan rencana penelitian (proposal), pencarian literasi, Pengumpulan Data, Analisis Data, Pembahasan, Penyusunan Hasil Penelitian dan menyusun abstrak serta penulisan artikel hasil penelitian.

III. KOMITMEN PADA MUTU

Sangatlah penting bagi sebuah organisasi untuk memiliki visi dan misi yang mantap sebelum menentukan langkah menyongsong masa depan. Dalam hal ini LDP-KBIP menggenggam visi dan misi yang jelas, realistis, namun luwes dan antisipatif terhadap perubahan. Disamping itu juga menerapkan kebijakan dan sasaran mutu yang konsisten. Berikut visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan dan sasaran mutu yang menjadi pilar pengembangan organisasi.

Visi
Terdepan menjadi mitra dalam membangun karakter profesional Insan Indonesia.
Misi
Meningkatkan profesionalitas sumberdaya manusia yang mampu meningkatkan kinerja individu dan organisasi.

Tujuan
1. Membangun krasifitas profesional SDM organisasi.
2. Menciptakan keunggulan kompetitif individu dan organisasi.
3. Menjadi rujukan para mitra dalam meningkatkan kinerjanya.</p>

Strategi
1. Menjalankan kegiatan berorientasi pada profesionalisme dan.
2. Pengelolaan lembaga melalui pendekatan manajemen.
3. Memiliki perencanaan strategi secara taktis dan teknis.
4. Melakukan komunikasi secara intensif dengan para mitra kerja.
5. Memberikan kesempatan pada mitra kerja memilih alternatif pilihan waktu konsultasi.
6. Menambah mitra kerja secara sistematis.

Kebijakan Mutu
Dalam rangka meningkatkan komitmen terhadap mutu layanan ditetapkan kebijakan mutu yaitu sebagai lembaga Diklat dan Penelitian yang bertekad memfasilitasi para mitra kerja menjadi profesional melalui peningkatan kinerjanya.

Sasaran Mutu
Target LDP-KBIP sebagai sasaran mutu pengelolaan adalah :
Setiap tahun mitra guru yang bergabung di LDP-KBIP harus memiliki penelitian (PTK atau PTS) Semua mitra guru harus mempunyai angka kredit dari publikasi ilmiah setiap tahun.
Para guru naik jabatan fungsionalnya tepat waktu karena dukungan angka kredit dari unsur publikasi ilmiah.

Produk Layanan Pelatihan tentang penelitian dan/atau publikasi ilmiah. Konsultan/bimbingan penelitian (PTK/PTS). Konsultan/bimbingan penulisan artikel ilmiah. Konsultan/bimbingan publikasi buku ber-ISBN melalui penerbit Kresna Bina Insan Prima. Konsultan bimbingan publikasi karya tulis ilmiah melalui Jurnal Mitra Pendidikan ISSN : 2407-8581 Jurnal ilmiah lain yang ber-ISSN atau terakreditasi.

Komitmen Membentuk Mental Guru Profesional
Meneliti menjadi salah satu pilar karakter profesional guru. Saat ini dan mendatang penelitian menjadi kebutuhan guru. Indonesia adalah salah satu negeri yang diberi anugerah jumlah penduduk yang banyak, budaya dan perilaku masyarakatnya merupakan daya tarik tanpa batas bagi bangsa lain. Ditengah keriuhan problematika tata kelola pendidikan, maka peningkatan SDM tenaga pendidik menjadi kebutuhan.

LDP-KBIP berkomitmen dalam meningkatkan profesionalisme guru lewat pembinaan. Untuk bisa meningkatkan kinerja guru, saat ini tak bisa lepas dari pengetahuan, pengalaman guru dan mentornya. Sehingga sudah tidak jamannya lagi guru hanya mengandalkan pengalaman mengajar saja untuk menjadi profesional. Saat ini LDP-KBIP memiliki 10 (sepuluh) mentor yang bertugas pendampingan dalam sistem diklat secara continues programs.
LDP-KBIP bersungguh-sungguh dalam layanan. Jaminan yang diberikan kepada mitra guru yang bergabung adalah memberi kesempatan berkomunikasi setiap saat. Para guru diharuskan secara kontinyu berdiskusi dengan mentornya. Secara teknis para mentor memiliki catatan perkembangan binaannya secara periodik. Para mentor memiliki metode menumbuhkan kesenangan guru dalam kegiatan penelitian. Asumsinya jika Diklat dilakukan dengan metode yang baik, materi (kurikulum) jelas dan mentor yang mumpuni, maka karakter guru profesional akan terbentuk.

Strategi pembinaan yang dilakukan adalah merencanakan edukasi sesuai dengan jabatan fungsional guru. Saat ini pergerakan penilaian kinerja guru dimulai dari SKP diawal tahun dan diakhiri PKG diakhir tahun. Oleh karena itu LDP-KBIP konsisten dalam mengedepankan pemenuhan kebutuhan bagi guru guna menjawab tantangan tersebut. Jawabnya adalah karya tulis ilmiah yang memenuhi syarat APIK (Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten). Jika para guru berperilaku sebagai pendidik dan peneliti yang berkarakter profesional, maka kegiatan berikutnya adalah melakukan publikasi.
Disisi lain, LDP-KBIP lahir dilandasi oleh visi dan misi sebagai leader dan pioneer dalam membangun karakter profesional guru serta menggarap dengan serius implementasi integrated human resource insan pendidikan indonesia. Disamping itu juga melakukan edukasi secara terus-menerus kepada para mitra guru secara konsisten untuk melakukan quality improvement secara kontinyu untuk peningkatan karakter dan keterampilan agar menjadi guru profesional.

Untuk menyiasati hal itu, LDP-KBIP berupaya melakukan formulasi strategi secara terpadu dan kreatif dengan terobosan-terobosan komunikasi dan aktivitas. Inovasi strategi yang diimplementasikan diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru. Dengan demikian secara otomatis angka kredit para guru dari unsur publikasi dapat diperoleh dengan mudah.
Berdasarkan hal tersebut diatas dapat dijadikan bahwa LDP-KBIP memiliki keunggulan :
Pengelolaan menggunakan pendekatan manajemen yang terstruktur dan sistematis Memiliki program yang jelas Semua mentor berpengalaman Ada bimbingan/konsultasi khusus Memiliki saluran publikasi ilmiah (buku ISBN maupun jurnal pendidikan) dengan layanan online

IV. Struktur Organisasi</strong>
Direktur                                    : Dr. H. Hidayat, MM., M. Pd.
Kepala Kantor                          : Khamim Thohari, S.Sos
Kepala Bidang
Pendidikan                               : Dr. Hj. Woro Utari, SE., MM.
Pelatihan                                  : Dr. H. Hidayat, MM., M. Pd.
Penelitian                                 : Hanan Titis H., S. Sos., M.AP.
Divisi
Penerbitan                               : M. Ainul Firdaus, ST.
Jurnal Ilmiah                            : M. Sueb Junaidi
Publikasi                                   : Agustin Azizah Mahardika A.Md
Administrasi                             : Laga Malendra
Peneliti/Instruktur Penelitian  : Dr. H. Hidayat, MM.
Dr. Hj. Woro Utari, SE.,MM.
Dr. Edwin Agung B., M.Pd.
Dr. Suyitno, S.Pd., M.Pd.
Dr. Bambang Winarno, MM., M.Pd
Ir. Soentoro, MP., M.Pd.
Drs. Nurus Sobakh, MM., M.Pd
Hanan Titis H., S. Sos., M.AP.

V. Identitas Lembaga
Nama                        : Lembaga Diklat dan Penelitian ”Kresna Bina Insan Prima”
Akte Notaris             : Ribka Avie Alreta, S. H., M.Kn. No 19 Tahun 2012
Direktur (Pendiri)     : Dr. H. Hidayat, M.M.
Alamat                      : Jl. Raya Klakahrejo 77, Benowo Surabaya
Provinsi                    : Jawa Timur
Kota                          : Surabaya
Kecamatan               : Benowo
Kelurahan                : Kandangan
Telepon/fax              : (031) 7421067
HandPhone              : 085330834377 ; 085748655577
E-mail                       : ldp_kbip@yahoo.co.id
Pin BBM                   : 59D0055C
Facebook                  : Kresna Bip (http://facebook.com/kresnaBIP)
Website                    : www.beritapendidikan.net
Rekening Bank         : Bank Jatim
Nama Rekening        : AKBP Surabaya
Nomor Rekening      : 0682016221